Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang
semula bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, tetapi kenyataannya
teknologi telah menimbulkan keresahan dan ketakutan baru bagi kehidupan
manusia. Ketakutan yang dirasakan oleh manusia akibat perkembangan teknologi
ini disebabkan adanya kekhawatiran akan adanya penyalah gunaannya oleh
orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Berbicara tentang dampak dan perkembangan
IPTEK, maka kita akan dihadapkan pada berbagai bidang, bahkan hampir semua
aspek dalam kehidupan di dunia ini yang dapat dipengaruhi oleh adanya
perkembangan IPTEK, seperti yang kita lihat sekarang ini, semua orang dalam
kehidupannya sehari-hari hampir tidak bisa lepas dari teknologi, setiap orang
selalu berdampingan dengan HP (HandPhone), saat jam istirahat di rumah selalu
ditemani dengan tayangan televisi, dan lain sebagainya. Kesemuanya itu hanya
sebagian kecil dari pengaruh perkembangan yang ditimbulkan oleh IPTEK.
Dengan adanya
perkembangan IPTEK menusia mendapatkan berbagai kemudahan dalam
melaksanakan kegiatannya sehari-hari. Setiap orang memanfaatkan alat komunikasi
langsung jarak jauh seperti penggunaan HP untuk berhubungan dengan orang
lain yang berjauhan. Selain itu berbagai kegiatan yang pada awalnya dilakukan
dengan menggunakan banyak tenaga manusia untuk mengerjakannya, kini dengan
adanya perkembangan IPTEK semua itu dapat teratasi dengan penggunaan tenaga
mesin untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan waktu yang relative lebih cepat
dari pada menggunakan tenaga manusia secara manual.
1. Munculnya Media Massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber
ilmu dan pusat Pendidikan, seperti jaringan internet.
Dampak
dari hal ini yaitu guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga
siswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap informasi yang
diajarkan oleh guru, tetapi juga bisa mengakses materi pelajaran langsung dari
internet, oleh karena itu guru disini bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga
sebagai pembimbing siswa untuk mengarahkan dan memantau jalannya pendidikan,
agar siswa tidak salah arah dalam menggunakan Media Informasi dan Komunikasi
dalam pembelajaran.
2.
Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka
Selama
ini, proses pembelajaran yang kita kenal yaitu adanya pembelajaran yang
disampaikan hanya dengan tatap muka langsung, namun dengan adanya kemajuan
teknologi, proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru,
tetapi bisa juga menggunakan jasa pos Internet dan lain-lain.
3.
Adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemamfaatan
Teknologi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar